Selamat Datang di Community Minang Batam - Hadiri Acara Baralek Gadang Urang Awak di Arena Sport Hall, Temenggung Abdul Jamal, Pada Hari Sabtu, 07 September 2013, Pukul 09:00 - Selesai, Dimeriahkan oleh Artis Ibukota Aura Kasih dan Artis Minang

Thursday 5 September 2013

20 Fakta Tentang Minangkabau

Hal-hal tentang MinangKabau yang bersumber dari Wikipedia Tahukah Anda.

Tahukah Anda…


         1. ... bahwa rumah gadang terpanjang terdapat di Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok?


         2. ... bahwa Bandar Udara Internasional Minangkabau merupakan bandar udara pertama di dunia yang memiliki nama suatu suku atau etnik?


        3. ... bahwa Ahmad Khatib Al-Minangkabawi adalah orang non-Arab pertama dan satu-satunya yang pernah menjadi imam besar Masjidil Haram, Mekkah?


       4. … bahwa pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi di Mekkah, yang juga guru dari pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari?
 

         5. ... bahwa 3 dari 4 orang pendiri Republik Indonesia adalah putra-putra Minangkabau? Mereka adalah Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Tan Malaka.


        6. … bahwa presiden pertama Singapura, Yusof bin Ishak dan pencipta lagu kebangsaan Singapura "Majulah Singapura", Zubir Said adalah seorang Minangkabau?


          7.  ... bahwa Zubir Said menciptakan lagu kebangsaan Singapura "Majulah Singapura" saat masih memiliki kewarganegaraan Indonesia?


         8.  ... bahwa luas tutupan hutan di Sumatera Barat merupakan yang terbaik di Sumatera?


          9.  ... bahwa Kota Padang merupakan kota yang lebih dahulu maju di Pulau Sumatera?


        10. ... bahwa kota Padang Panjang telah menerapkan kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok serta menolak iklan rokok sejak tahun 2009. Meski pemerintah setempat harus kehilangan 70% penerimaan daerah dari total penerimaan iklan?


        11.  ... bahwa wali kota Padang Panjang pada tahun 2010 menerima penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Organisasi Kesehatan Dunia atas komitmen menanggulangi bahaya rokok. Sehingga Kota Padang Panjang kemudian ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Indonesia sebagai pusat peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 31 Mei 2010.


        12. … bahwa selain Banda Aceh, Kota Padang Panjang juga dijuluki sebagai kota serambi Mekkah?


         13. ... bahwa masyarakat Minangkabau telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu?


         14. ... bahwa gerakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia yang menuntut adanya otonomi daerah yang lebih luas disalahtafsirkan oleh pemerintah pusat sebagai gerakan pemberontakan, sehingga dihancurkan dengan operasi militer terbesar dalam catatan sejarah Indonesia. Hal ini mengakibatkan trauma mendalam dan eksodus besar-besaran masyarakat Minangkabau ke daerah lain?


         15. ... bahwa penumpasan PRRI dibarengi dengan pemecahan provinsi Sumatera Tengah menjadi tiga, yaitu Riau, Sumatera Barat, dan Jambi. Akan tetapi, Sumatera Barat tidak diperbolehkan menggunakan nama 'Minangkabau' sebagai nama provinsinya dan sebagian kawasan Minangkabau harus dilepaskan kepada provinsi baru?


        16. ... bahwa Rohana Kudus adalah pendiri surat kabar Sunting Melayu, yang merupakan surat kabar perempuan pertama Indonesia?


        17.  ... bahwa Bachtiar Effendi (foto) merupakan sutradara pribumi pertama di Indonesia?


        18. ... bahwa rendang sebetulnya bukan merupakan nama masakan melainkan nama teknik memasak, seperti halnya tumis atau oseng-oseng?


         19.  ... bahwa Sariamin Ismail atau dikenal dengan nama samaran Selasih dan Seleguri tercatat sebagai pengarang perempuan pertama Indonesia?


           20.  ... bahwa di Bengkulu terdapat kecamatan dan kelurahan yang dinamai Kota Padang?

       satu lagi hal yang perlu anda ketahui di adat minangkabau yang mungkin Anda belum tahu: perempuan di Minang disimbolkan sebagai Limpapeh Rumah Nan Gadang (pilar utama rumah). Perempuan benar-benar dihormati dan dijaga. coba anda perhatikan, bandingkan cara pemuda minang berinteraksi terhadap perempuan dan lelaki.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Tahukah_Anda

No comments: